Tumbuhan Venus

Pemangsa SeranggaVenus merupakan jenis tumbuhan yang mempunyai kemampuan yang hebat sekali dalam berburu. Tumbuhan venus termasuk tumbuhan pemangsa serangga. Venus memiliki cara berburu dengan menjebak karena terdapat perangkap di tubuhnya. Venus seringkali menangkap dan memakan serangga yang menghinggapinya.

Serangga seringkali terkecoh oleh tumbuhan Venus. Tampilan venus beraroma khasnya mampu memancing serangga untuk menghampiri dan hinggap di tubuh Venus. Dengan tanpa curiga sedikitpun, serangga sering mendekat tanpa merasa curiga padahal bahaya sedang mengintainya.

Saat serangga menghampiri dan hinggap di tubuh Venus, langsung saja Venus bergerak melipat dan menutup rapat daun-daunnya. Katup yang tedapat di tubuh Venus seperti bertaring laksana mulut suatu hewan. Gerakan tutup katupnya sering membuat serangga terperangkap di antara daun-daun. Katup ini semakin lama semakin erat apitannya.
Venus lantas mengeluarkan cairan penghancur dan pelarut daging. Karena tidak hanya serangga, katak sekalipun kerap jadi korban tumbuhan ini. Dalam waktu yang cepat, Venus melumat mangsanya sampai hancur seperti bubur lalu melahap korban.

venus menangkap katak
Tumbuhan Venus mampu menutup daun-daunnya dengan cepat sekali. Bila manusia mengatupkan jari tangannya dengan cepat maka Venus lebih cepat lagi dibandingkan manusia. Terbukti, manusia sering meleset saat menangkap seekor lalat yang sedang hinggap pada telapak tangannya, sebaliknya tumbuhan Venus dengan mudah melakukannya.

serangga venus
Sistem elektrik rumit yang dimiliki tumbuhan Venus yang membantu Venus mahir sekali melakukannya. Seandainya Venus memiliki kemampuan berfikir, apa yang akan dilakukannya dengan modal kemampuannya tersebut? Ini semua mahakarya sang pencipta, Allah Swt. Seperti firman Allah: Dan berapa banyak binatang yang tidak dapat membawa rizkinya sendiri. Allah-lah yang memberi rezki kepadanya dan kepadamu dan Dia Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui. (QS. Al-Ankabuut, 29:60)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar