Menjadikan tanaman indah dan menawan ditengah-tengah pekarangan rumah memang merupakan keinginan setiap orang. Untuk mencarinya kita bisa mendapatkan banyak sekali aneka tanaman hias yang cocok untuk rumah. Tapi bagaimana jika kita melihat tanaman aneh,unik dan juga langka untuk menjadi koleksi aneka pekarangan kita. Untuk menjelajahi apa-apa saja tanaman terlangka itu, mari kita melihat enam tanaman terlangka di dunia, ternyata diantaranya ada yang berasal dari Indonesia.

Dionaea Muscipula

Tanaman ini  sering disebut sebagai venus si penangkap lalat, mengapa? Karena dua daun yang menempel pada tanaman tersebut memiliki bulu-bulu yang ultra sensitif sehingga mampu mendeteksi keberadaan binatang serangga. Dionaea Muscipula ini dikenal sebagai tanaman karnivora.
Reflesia Arnoldi

Bunga ini merupakan bunga terbesar di dunia, dan adanya hanya di Bengkulu, Indonesia, Sepertinya kita cukup berbanga akan hal ini. Tumbuhan parasit inipun  memiliki waktu pertumbuhan selama 9 bulan, serta masa mekarnya hanya 5 hari sampai 7 hari. Bunga ini akan mati jika akar inangya telah mati. Tanaman ini membutuhkan habitatnya di hutan primer untuk bisa terus bertahan hidup. Saat mekarnya bunga ini akan mengalami bau busuk, seperti bau bangkai.
Welwitschia Mirabilis

Tanaman ini memilii daya tahan yang sangat luar biasa, tanaman ini pun memiliki bentuk  yang aneh dan juga unik. Asalnya dari Namibia. Tanaman ini memang memiliki sisi keunikan tersendiri karena  hanya memiliki 2 daun dan sebuah batang dengan akarnya.Berkat daya tahan tubuhnya tersebut tanaman ini bisa hidup sekitar 400-1500 tahun.
Desmodium Gyrans

Tumbuhan ini sering disebut kebanyakan orang sebagai rumput menari, mengapa dinamakan demikian, karena tanaman ini memiliki beberapa  gerakan seperti gerakan kode semafore. Untuk tumbuhnya tanaman ini terbilang cukup mudah, hanya dengan bantuan sinar matahari tanpa harus repot juga untuk dberi pupuk.
Amorphophallus Titanum

Bunga ini sangat tinggi, tingginya bisa melebihi tinggi orang dewasa bentuknya seperti tongkol yang  dikelilingi oleh bunga yang ukuranya juga cukup besar. Tanaman ini bisa ditemukan di daerah Bengkulu. Biasanya tanaman ini tumbuh di tepi-tepi sungai , tempat terbuka, kadang juga kita bisa melihatnya diperkebunan kopi. Sama dengan Reflesia Arnoldi, tumbuhan ini juga memiliki bau busuk dikala mekar.
Baobab

Tanaman ini berasal dari madagaskar, Afrika. Tanaman ini juga sangat dikenal dengan sebutan tanaman botol. Pohon ini juga mampu menampung air dengan kapasitas yang cukup banyak. Maka tak heran tumbuhan ini  mampu berumur hingga 500 tahun lamanya. Menurut Pakar indonesia, Tanaman ini memiliki nilai kandungan nutrisi yang cukup tinggi berguna untuk kesehatan.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar