Penyebaran Flora fauna di Indonesia

PENYEBARAN FLORA DI INDONESIA


Berdasarkan pendekatan biogeografi, kekayaan hayati Indonesia dibagi atas dua kelompok, yaitu Indo Malayan dan Indo Australian. Daerah peralihannya ditandai dengan garis Wallace dan garis Lydekker. Kelompok Indo Malayan meliputi tanaman yang ada di Indonesia Barat, yaitu Sumatera, jawa, Kalimantan, dan Bali. Sedangkan kelompok Indo Australia meliputi tanaman yang ada di kawasan Indonesia Timur, yaitu Sulawesi, Nusa Tenggara, Maluku, dan Papua.

Karakteristik flora di Indonesia Bagian Timur dan Flora di Indonesia Bagian Barat juga memiliki perbedaan. Berikut ini adalah perbedaan karakteristik flora di Indonesia bagian Barat dan Indonesia bagian Timur :

# Flora di Indonesia bagian Barat :
  • banyak terdapat jenis meranti-merantian
  • terdapat berbagai jenis rotan
  • tidak memiliki gutan kayu putih
  • memiliki jenis tumbuhan matoa (pometia pinnata) yangsedikit
  • memiliki jenis tumbuhan sagu yang sedikit
  • memiliki berbagai jenis nangka
# Flora di Indonesia bagian Timur :
  • memiliki jenis meranti-merantian yang sedikit
  • tidak memiliki rotan
  • terdapat hutan kayu putih
  • memiliki berbagai jenis tumbuhan matoa (khususnya di Papua)
  • memiliki banyak tumbuhan sagu
  • tidak terdapat jenis nangka.
PENYEBARAN FAUNA DI INDONESIA


Berdasarkan tinjauan zoologi, Indonesia mempunyai perbedaan jenis fauna antara bagian barat, tengah, dan timur. Wallace membagi fauna di Indonesia menjadi 3 type, yaitu :

1. Fauna tipe Asiatis (Asiatic)
fauna tipe asiatis ini meliputi fauna yang berada wilayah Sumatera, kalimantan, Jawa, dan Bali. Di wilayah ini terdapat banyak jenis fauna yang menyusui dan berukuran besar. terdapat banyak jenis kera dan ikan air tawar serta tidak banyak memiliki jenis burung berwarna.
jenis fauna yang banyak ditemukan di wilayah ini antara lain : orang utan, monyet proboscis, badak, harimau, rusa, burung heron, dan burung merak

2. Fauna tipe Peralihan (Austral Asiatic)
meliputi fauna yang berada di wilayah Sulawesi dan Kepulauan Nusa Tenggara bagian Tengah. Di wilayah ini banyak terdapat hewan endemis.
jenis fauna yang banyak ditemukan di wilayah ini antara lain babi, rusa, kuda, kuskus, anoa, dan komodo

3. Fauna tipe Australis (Australic)
meliputi fauna yang terdapat di kepulauan Aru dan wilayah Papua. Di wilayah ini banyak ditemukan binatang menyusui yang berukuran kecil dan binatang berkantung.
jenis Fauna yang banyak ditemui di wilayah ini antara lain kanguru, burung cendrawasih, kakatua, nuri, kasuari, dan walabi.

Video Flora & Fauna di Indonesia

Divideo ini akan menampilkan berbagai flora dan fauna yang ada di berbagai belahan dunia, termasuk di Indonesia
(indahf/Carapedia)


Pencarian Terbaru (100)
Flora dan fauna di indonesia. Flora dan fauna. Fauna di indonesia. Persebaran flora dan fauna di indonesia. Flora asiatis. Fauna asiatis. Flora di indonesia.
Persebaran fauna di indonesia. Fauna tipe asiatis di indonesia. Penyebaran flora dan fauna di indonesia. Penyebaran flora dan fauna indonesia. Hewan peralihan. Flora dan fauna indonesia. Flora.
Hewan tipe asiatis di indonesia. Flora peralihan di indonesia. Penyebaran fauna di indonesia. Flora indonesia. Penyebaran flora dan fauna. Pengertian flora dan fauna. Penyebaran flora di indonesia.
Flora dan fauna asiatis. Flora indonesia bagian timur. Persebaran flora di indonesia. Artikel flora dan fauna. Flora indonesia bagian tengah. Persebaran fauna dan flora di indonesia. Jenis flora dan fauna di indonesia.
Fauna tipe australis. Fauna indonesia. Flora dan fauna di indonesia bagian barat. Flora di indonesia bagian barat. Flora fauna. Fauna. Flora indonesia bagian barat.
Tipe asiatis. Flora fauna indonesia. Hewan asiatis. Pembagian flora dan fauna di indonesia. Ciri ciri fauna asiatis. Hewan tipe australia. Pembagian fauna di indonesia.
Fauna tipe australis di indonesia. Persebaran fauna di indonesia bagian barat. Pengertian flora dan fauna di indonesia. Hewan tipe asiatis. Penyebaran flora fauna di indonesia. Flora tipe asiatis di indonesia. Flora tipe peralihan di indonesia.
Persebaran flora dan fauna. Pengertian flora. Persebaran flora dan fauna di indonesia wikipedia. Persebaran flora fauna di indonesia. Fauna oriental. Persebaran flora dan fauna di muka bumi. Persebaran fauna di dunia.
Fauna asiatis di indonesia. Persebaran flora fauna di dunia. Flora di indonesia bagian tengah. Fauna tipe asia. Flora fauna asiatis. Hewan asiatis indonesia. Flora indonesia barat.
Fauna tipe australia. Flora asiatis di indonesia. Persebaran flora di indonesia bagian barat. Flora indonesia timur. Fauna di indonesia bagian barat. Pembagian wilayah flora dan fauna di indonesia. Perbedaan flora indonesia barat dan timur.
Jenis fauna di indonesia. Persebaran hewan di indonesia. Jenis jenis fauna di indonesia. Flora dan fauna yang ada di indonesia. Flora di indonesia bagian timur. Gambar flora dan fauna. Flora asiatis australis dan peralihan.
Hewan tipe australis di indonesia. Artikel flora dan fauna di indonesia. Makalah flora dan fauna. Pembagian flora dan fauna. Jenis jenis flora di indonesia. Persebaran fauna. Hewan asiatis di indonesia.
Jenis jenis flora dan fauna di indonesia. Gambar flora di indonesia. Flora dan fauna tipe australis. Gambar flora. Flora fauna di indonesia. Flora dan fauna asiatis australis dan peralihan. Persebaran fauna di indonesia bagian tengah.
Flora tipe oriental. Persebaran flora dan fauna di dunia. Jenis fauna asiatis. Fauna asiatis adalah. Persebaran fauna indonesia. Fauna dan flora di indonesia. Fauna indonesia bagian timur.
Flora dan fauna di indonesia bagian timur. Fauna indonesia bagian barat.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

1 komentar:

sri wahyuni mengatakan...

Apaan Video Aje Kagak Ada

Posting Komentar